Jumat, 02 November 2012

CARA MEMBUAT JENANG KUDUS

 Foto: IstimewaFoto: IstimewaKalau selama ini melihat resep mulu 'sampe' 'enek' (baca; mual) karena terlalu dianggap ribet, mungkin resep bikin jenang ini sedikit membantu Anda mengurangi kekesalan di rumah. Namanya "Jenang Kudus". Disebutnya juga enak nih, makanan. Gimana kalo rasanya, ya? Mau nyoba, beli, di Jakarta belum tentu ketemu di setiap warung makanan, apalagi kalo nyarinya di rumah makan padang, jauh deh. Dan Anda tambah nggak waras kalau nyari jenang kudus sampe ke ruko penjual gas Elpiji...he..he..he...!
Biar tidak penasaran lebih baik Anda cermati dulu nih resepnya. Selain gampang, pasti begitu jadi, punya rasa kebanggaan buat disuguhkan kepada istri, anak, atawa sang mertua. Cuma hati-hati, ah....kalau mertua yang udah tua, dikasih jenang bisa-bisa giginya nyangkut. Selain urusannya jadi ribet, gara-gara jenang Anda jadi nggak tenang!
Nih, resepnya Jenang Kudus

 Bahan:
• 1 bungkus tepung beras
• 250 g tepung ketan
• 1 ½ kg gula merah
• 100 g wijen
• 250 g gula pasir
• 1.500 ml santan dari 2 butir kelapa Cara membuatnya :
• Campur tepung beras dan tepung ketan, aduk dengan santan hingga rata.
• Masukkan gula merah, gula pasir yang sudah dicairkan dan wijen.
• Masak adonan hingga kental dan bisa dibentuk cetakan sesuai selera.
• Dinginkan, potong-potong.



gampang kan membuatnya, sambil membuat jenang kita jg sekalian berolah raga.. karna membuat jenang banyak mengeluarkan keringat..

Tips: keringat jangan sampe menetes ke dalam adonan jenang, karna bisa membuat rasa jenang menjadi lebih asin.. hehehe

SELAMAT MENCOBA...

2 komentar: